Selamat Datang

Walau Simple Insya Allah Bermanfaat ^.^

Jumat, 01 Juli 2011

TIKUS TERBESAR ADA DI TIMOR


W020090324422143691727 TIKUS terbesar pernah hidup di wilayah Timor, tepatnya di wilayah yang dulunya adalah Timor timur. Demikian penemuan sisa-sisa kerangka di dalam sebah gua.
"Pulau Timor telah dihuni manusia sekitar 40.000 tahun lalu. Manusia purba memburu tikus untuk sumber makanan selama periode ini. Namun, perburuan itu tak menimbulkan kepunahan, spesies tikus terbesar baru punah akhir-akhir ini," kata peneliti dari Lembaga Penelitian Australia, CSIRO, Ken Aplin, seperti dimuat laman Live Science.
Jika tikus besar yang saat ini masih hidup di Filipina dan Papua nugini memiliki berat 2 kilogram, maka tikus purba raksasa itu diperkirakan memiliki berat 6 kilogram, dengan tubuh seberat itu tentu memiliki ukuran lebih besar dari kucing..
Peneliti mengungkapkan Indonesia Timur adalah 'hotspot' evolusi tikus. Ditambahkan Aplin, pulau-pulau di wilayah Indonesia Timur jadi tempat berkembang beragam spesies yang unik. Aplin mengaku, timmya juga menemukan  enam spesies tikus baru dalam sebuah gua di Pulau Flores.
Penelitan ini diungkapkan baru-baru ini oleh peneliti Aplin dan timnya di Buletin Museum Sejarah Alam Amerika atau The American Museum of Natural History.***

0 komentar:

Posting Komentar