Selamat Datang

Walau Simple Insya Allah Bermanfaat ^.^

Minggu, 03 Juli 2011

TANAMAN PEMAKAN TIKUS DARI FILIPINA


nepenthes-attenboroughii SUDAH mencoba berbagai macam alat pembasmi tikus, tapi belum berhasil? Nah, mungkin bisa coba yang satu ini. Tanaman pemakan serangga dan tikus yang ditemukan tim ahli tanaman (botanis) di wilayah Gunung Victoria Manila-Filipina. Dikabarkan Telegraph, Selasa (18/8).
Ekspedisi dan penelitian selama dua bulan ini dilakukan oleh dua orang botanis dari Universitas Cambridge Robinson, Stewart McPherson dan Alastair Robinson. Mereka menamakan spesies langka ini Nepenthes Attenboroughii. Nama yang diilhami dari nama penyiar terkenal Sir David Attenborough.
Menurut McPherson, "Tim dan saya telah menamai tanaman ini sekaligus untuk menghormati Sir David yang telah bekerja dan memberi inspirasi bagi keindahan dan keanekaragaman hayati dunia.”
Tim botanis ini menelusuri Gunung Victoria di Filipina setelah mendengar dari para misionaris di tempat itu bahwa ada tikus dimangsa tanaman.
Tanaman pemangsa raksasa ini diyakini merupakan tumbuhan perdu pemakan daging terbesar yang mengeluarkan cairan berupa asam, mirip enzim dari mulut daun. Bentuknya yang seperti sepatu ini mampu menciptakan sebuah jebakan yang cukup hebat. Sehingga bukan hanya mampu mengecoh serangga tapi juga binatang pengerat seperti tikus. Model sepatunya meyediakan ruangan yang cukup untuk mengantongi binatang yang menjadi korbannya.***

0 komentar:

Posting Komentar