Selamat Datang

Walau Simple Insya Allah Bermanfaat ^.^

Minggu, 03 Juli 2011

POHON SUMBER ENERGI


artificial-trees-01 SEBUAH studi yang dilakukan di Massachusetts Institute of Technology (MIT) menemukan bahwa pohon bisa menghasilkan energi listrik sebesar 200 millivolt. Caranya adalah dengan menggunakan dua logam elektroda. Satu elektroda ditempatkan pada pohon sementara lainnya diletakkan di sekeliling tanah.
Salah seorang tim studi, Carlton Himes dari University of Washington melakukan studi dengan menempelkan paku pada pohon-pohon tersebut dan menyambungkannya ke alat pengukur tegangan listrik atau voltmeter. Dalam percobaanya itu, dia menemukan bahwa pohon berdaun lebar menghasilkan voltase yang tetap sampai beberapa ratus milivolt.
Untuk mengekstrak listrik dari pohon dan mengonversinya menjadi energi, digunakan sebuah konverter yang bisa menghasilkan 20 milivolt listrik dan menyimpannya sehingga menghasilkan energi yang lebih besar lagi. Dengan perangkat yang berguna untuk mengubah dan meningkatkan voltase listrik ini, para peneliti berhasil mendapatkan energi listrik dari pohon maple hingga sebesar 1,1 volt. Menurut mereka, energi sebesar ini cukup untuk menjalankan sensor tenaga rendah.
Babak Parviz, profesor rekayasa elektrik di Washington University sebagai salah satu ilmuwan yang terlibat mengatakan, “Sesungguhnya ini tenaga surya, bukan tenaga pohon. Pohon hanya sebagai penghantarnya saja. Saya pikir skala sistem ini bisa diperbesar dan menjadi berbiaya rendah. Selain itu sensornya juga dapat mendeteksi kondisi lingkungan seperti kebakaran hutan. Bahkan sistem sensor itu juga bisa mendeteksi kesehatan tanaman".***

0 komentar:

Posting Komentar