Selamat Datang

Walau Simple Insya Allah Bermanfaat ^.^

Minggu, 03 Juli 2011

KOPI MAHAL YANG MENDUNIA


kopi-luwak-luwak-on-robusta-west-javaweb TAHUKAH kamu, Indonesia memiliki jenis kopi termahal dan mendunia. Yaitu kopi Luwak, biji kopi yang dikais dari kotoran luwak, kopi terbaik yang dipillih oleh alam. Harga kopi ini mencapai ratusan ribu rupiah per cangkir. ?
Di Amerika, terdapat kafe atau kedai yang menjual kopi luwak (civet coffee) dengan harga yang cukup mahal. Secangkir kopi luwak mencapai US$50 (Rp 500 ribu). Dijual juga dalam kemasan yang dijual sekitar US$600 (Rp 60 juta) per 4,5 kg.
Kopi ini menjadi mahal dan istimewa karena proses menjadi kopinya yang unik. Kemasyhuran kopi ini diyakini karena mitos pada masa lalu, ketika perkebunan kopi dibuka besar-besaran pada masa pemerintahan Hindia Belanda sampai dekade 1950-an. Saat itu masih banyak terdapat binatang luwak.
Luwak atau musang luwak, senang sekali mencari buah-buahan yang cukup baik dan masak termasuk buah kopi sebagai makanannya. Luwak memiliki insting memilih buah kopi yang betul-betul masak sebagai makanannya. Biji kopi yang dilindungi kulit keras dan tidak tercerna akan keluar bersama kotoran luwak.
Biji kopi seperti ini, pada masa lalu sering diburu para petani kopi karena diyakini berasal dari biji kopi terbaik dan telah difermentasikan secara alami dalam perut luwak. Rasa kopi luwak ini dinilai spesial di kalangan para penggemar dan penikmat kopi.
Namun saat ini kebenaran kopi yang dijual benar-benar kopi luwak masih dipertentangkan, terlebih nama “Kopi Luwak” sudah menjadi merk dagang sebuah perusahaan kopi.***

0 komentar:

Posting Komentar